Rabu, 15 Desember 2010

Energi Alternatif Gula Sebagai Bahan Bakar Minyak

Banyak ilmuwan yang sedang mencari bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak. Maklum saja, kini bahan bakar minyak (BBM) sudah makin menipis cadangannya. Salah satu yang berusaha mencari sumber alternatif tersebut adalah para ilmuwan dari Jepang.

Baru-baru ini, beberapa peneliti dari negeri matahari terbit itu berhasil menjadikan gula sebagai alternatif pengganti BBM. Peneliti dari institusi energi dan lingkungan Jepang berhasil menciptakan sel biofuel yang didapat dari enzim gula sehingga dapat merubah gula menjadi bahan bakar yang dapat membangkitkan listrik. 
Setiap sel biofuel berisi anoda dan katoda yang dipisahkan oleh proton penghantar membran. Gula mengoksidasi di anoda, zat penghasil elektron dan proton. Elektron dan proton dikombinasi dengan oksigen di katoda dari air. Energi dapat dikeluarkan melalui mediator ke elektron yang diantaranya elektroda dan enzim. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata empat sel biofuel dari enzim gula dapat menghasilkan seratus milliwatt tenaga listrik. Aliran listrik tersebut mampu menggerakan speaker, MP3 Player, maupun mobil remote kontrol. 
Penemuan bahan bakar dari gula ini menjadikan Jepang sebagai negara pertama yang menghasilkan energi dengan memanfaatkan sel biofuel. Jepang memang merupakan negara yang terus berupaya mengembangkan penelitiannya untuk menghasilkan suatu teknologi baru.

Tentunya, aneka bahan alternatif pengganti BBM ini diharap ke depan akan makin terus berkembang. Dengan demikian, ancaman global warming pun bisa diminimalisir atau bahkan dicegah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar